http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=110453212866065092#template

Guru Madrasah Punya Peran Strategis

| Senin, 02 September 2013

Bagan siapi-api (Rkc) - Para guru madrasah mulai tingkat Raudhatul Atfal (RA) hingga Madrasah Aliyah (MA) yang sedang mengabdi di semua daerah yang ada di Kabupaten Rohil ternyata memiliki peranan yang sangat strategis.

Salah satu di antaranya para guru madrasah dapat membentuk manusia-manusia yang berkualitas sehingga mampu melahirkan kader penerus yang memiliki imtaq yang bagus.

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Bupati Rohil H Suyatno kepada Riau Pos ketika menghadiri acara tatap muka dengan para guru madrasah dari Kecamatan Bangko dan Kecamatan Batuhampar serta sekitarnya di Gedung Olahraga di Kawasan Batuenam.

Kegiatan tatap muka dengan para guru madrasah mulai dari tingkat RA hingga MA tersebut dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Rohil.

Kegiatan tatap muka ini, turut dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Rohil H Agustiar SAg serta Kepala Bagian Kesra, Basiaruddin SH serta seluruih staf di lingkungan Kamenag Rohil.

‘’Di era informasi yang sangat terbuka dan mudah didapatkan melalui sejumlah media, merupakan salah satu bentuk kemajuan yang sangat berarti. Sehingga dengan mendapatkan kemudahan informasi, daerah bisa menjadi kebih cepat berkembang dan bertambah maju,’’ kata Suyatno.

Namun di sisi lainnya, tambah Suyatno, kemajuan era informasi dan globalisasi tersebut dapat memberikan dampak negatif terutama bagi kalangan generasi muda.

Salah satu di antaranya dapat ditandi dengan adanya kegiatan-kegiatan yang dinlai tidak sesuai budaya dan adat istiadat daerah.

‘’Dalam kondisi seperti inilah, peranan para tenaga pendidik termasuk guru madrasah sangat diperlukan. Sehingga, anak-anak yang dipersiapkan sebagai generasi muda itu dapat menjawab persoalan dan tuntutan tanpa ikut terpengaruh dengan dampak era globalisasi itu,’’ kata Suyatno.

Di sisi lainnya, tambah Suyatno, Pemkab Rohil tetap memiliki komitmen yang kuat untuk tetap memajukan sektor pendidikan. Salah satu di antaranya yakni melakukan pembenahan dan penataan terhadap gedung-gedung sekolah.

Selain itu turut memperhatikan para siswa yang berprestasi serta meningkatkan kesejahteraan bagi para guru.

‘’Hal-hal seperti ini masih terus kita lakukan. Hal seperti ini sangat diperlukan sekali mengingat arah dan orientasi pendidikan kita ini sudah menitikberatkan kepada upaya peningkatan mutu pendidikan,’’ kata Suyatno. (***)

Source: Riaupos





Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Tambahkan Komentar Baru