http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=110453212866065092#template

Media Berpengaruh Besar dalam Pencitraan

| Kamis, 22 Agustus 2013

Musfialdi Musfi
Musfialdy
Akademisi UIN Suska Pekanbaru, Musfialdy MSi, menilai aksi turun ke lapangan para calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, lebih mengena untuk meraih simpati masyarakat ketimbang promosi lewat media.
Namun demikian, media punya pengaruh besar yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena akses media menyebar luas, terlebih media eletronik dan media online yang saat ini mulai maju di Riau.

"Promosi di media memberikan pengaruh yang luas. Dan media bisa mempengaruhi pencitraan serta popularitas seseorang," ujar Musfialdy.

Karena itu, ia menilai sangat wajar bila banyak para kandidat melakukan aksi 'beli media' pada Pemilukada.

Selain itu, menurut dosen pengampu matakuliah Jurnalistik ini, ada tiga kategori
yang akan menjadi pertimbangan pemilih pada pemilihan nanti. "Ketiga kategori itu adalah karakteristik, track record serta visi dan misinya," ungkapnya.

Ia menambahkan, media hanya sampai pada tahap pembentukan opini di tengah-tengah masyarakat. "Media hanya sebagai alternatif dalam mengambil keputusan, bukan eksekusi," sebutnya. (***) 


Source: Politikriau





Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.